Ppt pengaturan berat badan atlet pdf

Setelah keletihan dari atlet tersebut berkurang, kira-kira 4 jam setelah pertandingan, dapat diberikan secara berangsur-angsur makanan lengkap biasa seperti sebelum pertandingan dilaksanakan.

Protein dan Prestasi Olahragawan. Dapatkah atlet mempertahankan kebiasaan makan yang baru tersebut untuk mencapai penurunan lemak tubuh tersebut? Pertama adalah keinginan untuk bertanding di kelas dengan BB yang lebih rendah daripada BB normal selama latihan. Namun yang paling sederhana dan praktis adalah menggunakan skinfold caliper untuk mengukur jumlah lemak di bawah kulit pada beberapa tempat.

Gizi dan olahraga,.pdf

Tunda makanan sebelum bertanding sampai BB yang diinginkan tercapai. Penyesuaian terakhir dapat dilakukan selama minggu terakhir sampai 10 hari dengan penurunan asupan energi yang ringan, khususnya jika atlet mengurangi juga latihannya.

Adapun tujuannya yaitu memberikan informasi tentang kebutuhan energi dad individu khususnya yang berolahraga. Hanya melakukan latihan berat tanpa pembatasan asupan energi, penurunan berat badannya hanya sedikit. Penggunaan timbangan untuk mengukur BB tidak dapat digunakan untuk menentukan kelebihan lemak tubuh, karena BB tidak dapat merefleksikan komposisi tubuh dan perubahannya.

Sementara tes ketiga minggu 6 perlakuan dan tes keempat minggu 8 perlakuan terjadi peningkatan bermakna jarak tempuh. Vitamin dan mineral: Kurang lebih satu jam menjelang pertandingan, atlet harus menghindari minuman yang banyak mengandung gula manis sekali.

Atlet yang selalu berada di sirkuit atau selalu travelling selama latihan atau pertandingan, misalnya atlet tennis. Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Umur rata-rata subyek penelitian 23,2 tahun yang dalam dunia olahraga tergolong usia emas dengan tinggi badan rata-rata ,1 cm melakukan aktivitas dalam golongan berat sekali.

Pada olahraga endurance sangat penting diperhatikan adalah mengganti keringat yang terbuang akan semakin banyak apabila pertandingan olahraga endurance dilaksanakan pada lingkungan sangat panas.

Atlet dari jenis olahraga yang mengutamakan penampilan seperti senam, skating, menyelam, ballet membutuhkan penampilan yang langsing untuk mempengaruhi juri sekaligus membantu tehnik olahraga tersebut.

Sebaiknya penurunan asupan energi dengan makan sedikit lemak dan minyak.

GIZI ATLET.ppt

Cara kerja; Variabel independent yaitu pengaturan berat badan melalui pengaturan jumlah asupan energi dan zat gizi mikro setiap hari. KEBUTUHAN Atlet membutuhkan zat-zat gizi yang perlu mendapat perhatian khusus agar dapat tampil optimal, diantaranya energi, karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan air.

Gambar 3.GIZI PADA ancientmarinerslooe.com Buku Gizi Olahraga Ok. Asupan Bahan Makanan Dan Gizi Bagi Atlet Renang. GIZI ancientmarinerslooe.com team lain yang terlibat hendaknya memahami masalah pengaturan makanan bagi atlet, sehingga penyelenggara makanan dapat berhasil dengan memuaskan.

Dia seorang atlet Bulutangkis dalam tim nasional.5 Kkalori/k berat badan Contoh. Tujuan pengaturan makanan pada tahap ini mencakup upa ya: 1. Meningkatkan status gizi antara lain: menambah berat badan, meningkatkan kadar Hb. 2. Menurunkan berat badan terutama atlet cabang olahraga yang memerlukan klasifikasi berat badan.

Makanan untuk meningkatkan status gizi 1. Kebutuhan energi dan zat gizi ditentukan menurut umur, berat. mendapatkan Berat Badan atau komposisi tubuh yang sesuai. Pengaturan Berat Badan hendaknya difokuskan kepada lkomposisi tubuh, buykan kepada Berat Badan, oleh karena untuk Atlet-atlet perorangan tidak ada standar untuk Berat Badan maupun lemak tubuhnya.

Karakteristik fisik Atlet-atlet yang sukses bervariasi luas antar cabang maupun dalam cabang. tonus otot, dan pengaturan suhu tubuh. Metabolisme basal ditentukan dalam keadaan individu istirahat fisik dan cm dan berat badan 60 kg.

Dia seorang atlet bolabasket dalam tim nasional. Dia berlatih berupa lari 3 hari seminggu dengan kecepatan 5 menit per km selama satu jam. Selain itu, Mary berlatih bolabasket 2 kali seminggu selama 20 menit.

membahas tentang kebutuhan gizi, pengaturan makan dan penyusunan menu atlet sepakbola yang dapat digunakan sebagai panduan bagi atlet, pengelola makanan atlet sepakbola, tenaga gizi berat badan 60 kg., tinggi badan cm. Untuk menjaga staminanya ia berlatih berlari dengan kecepatan 5,5 menit per km, selama satu jam, tiga kali perminggu.

2. Untuk mendapat nilai pengukuran, hanya diperlukan data berat badan dan tinggi badan seseorang. 3. Mudah dikerjakan dan hasil bacaan adalah sesuai nilai standar yang telah dinyatakan pada table IMT.

Obesitas. Definisi. Obesitas merupakan kelainan dari sistem pengaturan berat badan yang ditandai oleh akumulasi lemak tubuh yang.

Ppt pengaturan berat badan atlet pdf
Rated 3/5 based on 85 review